Sumber Energi

2 min read

Pengertian Sumber Energi – Energi panas bumi adalah energi alami usus bumi. Energi panas bumi berlimpah dan terbarukan, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kekurangan energi panas bumi.

Dengan sumber energi jenis ini, jumlahnya sangat terbatas dan tidak dapat diperbarui, meski ada yang bisa diperbarui, tetapi butuh waktu lama. Sumber energi ini masih merupakan sumber energi yang paling umum, meskipun banyak pihak telah beralih ke sumber energi alternatif.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Sumber Energi. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Sumber Energi ?

Pengertian Sumber Energi merupakan adanya sebuah kemampuan untuk melakukan pekerjaan Anda. Disebut demikian karena setiap usaha kecil sepadan dengan usaha.

Menurut KBBI, energi yakni telah didefinisikan sebagai adanya suatu kekuatan atau kekuatan yang diperlukan untuk melakukan berbagai kegiatan proses. Energi adalah bagian dari suatu objek, tetapi tidak terikat pada objek. Energi fleksibel berarti dapat bergerak dan berubah.

Sumber-Energi

Berikut adalah beberapa pendapat ahli tentang konsep energi.

  • Energi ialah kemampuan untuk menangani berbagai hal (Robert L. Wolke)
  • Energi ialah kemampuan untuk melakukan bisnis (Mikrajuddin)
  • Energi ialah bentuk energi yang dihasilkan atau diperoleh oleh suatu objek (Pardiyono)
  • Energi ialah konsep dasar termodinamika dan salah satu aspek penting dari analisis teknis (Michael J. Moran) dll.
Baca Juga :  Kebutuhan Sekunder

Dari dengan berbagai makna dan definisi energi di atas, dapat disimpulkan bahwa energi umum dapat di definisikan sebagai kekuatan yang dimiliki suatu objek untuk melakukan dalam sebuah pekerjaannya.

Macam-Macam Sumber Energi

Contoh-Sumber-Energi

Adapun berbagai macam-macam dalam energi ini, diantaranya ialah:

1. Sumber Energi yang Terbarukan

Sumber Energi yang Terbarukan atau sesuatu yang dapat diperbarui dan digunakan tanpa khawatir itu tidak akan habis, sebagai contoh:

a. Energi Surya atau Matahari

Ruangan itu tidak pernah kehabisan energi matahari. Penggunaan matahari adalah penggunaan sel surya, yang fungsinya adalah mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Ada juga penggunaan matahari untuk memasak dengan kompor matahari, misalnya di India.

b. Angin

Penggunaan energi angin sekarang sedang diintensifkan oleh banyak negara di seluruh dunia karena sumber energi yang tidak terbatas ini. Energi ini digunakan oleh turbin angin yang terhubung ke generator atau turbin untuk menghasilkan listrik.

c. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi alami usus bumi. Energi panas bumi berlimpah dan terbarukan, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kekurangan energi panas bumi.

d. Energi Biomassa

Energi biomassa yakni telah terdiri dari pohon mati, tanaman hidup, dan serpihan kayu.

e. Energi Gas Alam

Energi gas alam adalah energi terbarukan dan lebih murah daripada minyak pemanas.

f. Energi Pasang Surut

Energi pasang surut dianggap lebih menjanjikan karena hasil maksimum dibandingkan dengan tenaga surya dan angin. Dalam hal konsumsi energi pasang surut, bagaimanapun, ini masih rendah karena biayanya.

g. Pembangkit Listrik Tenaga Air

Energi yang diperoleh dari hidrogen telah lama digunakan oleh manusia karena ramah lingkungan dan berlimpah. Pembangkit listrik tenaga air adalah contoh menggunakan tenaga air untuk kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga :  Pengertian Pelanggan

2. Sumber Energi Tak Terbarukan

Dengan sumber energi jenis ini, jumlahnya sangat terbatas dan tidak dapat diperbarui, meski ada yang bisa diperbarui, tetapi butuh waktu lama. Sumber energi ini masih merupakan sumber energi yang paling umum, meskipun banyak pihak telah beralih ke sumber energi alternatif. Contoh sumber energi tak terbarukan adalah:

a. Sumber Energi adalah Mineral Alami

Mineral alami dapat digunakan sebagai sumber energi setelah beberapa proses, misalnya uranium, yang dapat menghasilkan energi nuklir. Sumber energi sangat penting bagi makhluk hidup di bumi. Karena energi yang tenggelam adalah sumber kelangsungan hidup.

b. Sumber Energi yang Berasal dari Fosil

Sumber energi ini sepenuhnya dapat diperbarui, tetapi dapat bertahan selama jutaan tahun, berasal dari makhluk hidup dan terkubur di bawah tanah selama jutaan tahun. misalnya dalam batubara dan minyak bumi.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Sumber Energi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Pengertian Hutan Gugur

Evitasari
2 min read

Pengertia Hewan

rangga143
1 min read

Pengertian Satelit

Evitasari
2 min read