Seni Rupa Terapan

2 min read

Seni Rupa Terapan – Perkembangan seni terapan dipercepat oleh penemuan teknik pengerjaan logam untuk berbagai senjata dan perhiasan. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa manusia telah mampu menciptakan seni terapan sejak zaman prasejarah.

Ada banyak contoh berbagai jenis karya seni yang dipaksakan sendiri. Bahkan, menemukan angka pastinya bisa sulit. Karya seni sebagai contoh seni terapan adalah karya seni yang di produksi dengan keterampilan manual.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Seni Rupa Terapan. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Seni Rupa Terapan ?

Pengertian Seni Rupa Terapan merupakan seni yang berfokus tidak hanya pada keindahan karya, tetapi juga pada fungsi karya itu sendiri, oleh karena itu karya seni terapan adalah karya yang multifungsi.

Seni yakni telah mempunyai sejarah panjang dalam berurusan dengan kehidupan manusia. Memang, para ilmuwan telah membuktikan bahwa manusia telah mampu menciptakan seni terapan sejak zaman prasejarah. Meskipun karya seni itu sangat sederhana pada waktu itu.

Seni-Rupa-Terapan

Fakta ini yakni membuktikan bahwa orang-orang terkait erat dengan seni ini. Ini mungkin karena seni ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi umat manusia. Fungsi penting adalah untuk terus berinovasi dan mengembangkan seni.

Sejarah Seni Rupa Terapan

Seni terapan telah ada sejak zaman prasejarah. Memang, dapat dikatakan bahwa seni aplikasi selalu sebelum seni murni. Orang-orang prasejarah di kepulauan ini mulai menggunakan kapak dan tulang batu untuk berburu dan keperluan lainnya.

Baca Juga :  Pengertian Perusahaan Manufaktur

Sisa-sisa seni kuno di kepulauan ini adalah gambar dinding gua yang ditemukan di berbagai daerah seperti Sulawesi, Pulau Kei dan menyeramkan ke Papua. Tempat tinggal termasuk cetakan tangan, ilustrasi hewan, dan kondisi berburu dan memancing.

Perkembangan seni terapan dipercepat oleh penemuan teknik pengerjaan logam untuk berbagai senjata dan perhiasan. Mereka juga mulai membuat alat-alat lain seperti peralatan rumah tangga, Moko, Gong Nara, kapal, dan lain sebagainya.

Unsur dan Ciri Seni Rupa Terapan

Adapun berbagai unsur dan ciri-ciri dalam seni terapan ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Berdasarkan Bentuk

Karya seni terapan dibagi sesuai dengan bentuknya, di Indonesia banyak yang berbeda. Jika karya seni dibagi berdasarkan bentuk, dapat dibagi menjadi empat kategori yakni perabotan tradisional, rumah tradisional, alat transportasi tradisional dan karya seni.

b. Berdasarkan Corak

Bentuk seni yang berlaku untuk masing-masing daerah masih tradisional, monoton dibandingkan dengan standar, dan diturunkan dari generasi ke generasi. Namun, beberapa pola dekoratif telah dikembangkan, tetapi mereka masih dapat dikenali oleh karakteristik pola tradisional.

Bentuk seni yang berlaku untuk kepulauan biasanya menangkap benda-benda dari flora, fauna atau alam sekitarnya. Gaya seni terapan umumnya dekoratif (menggunakan ornamen atau dekorasi), klasik, kontras tinggi, dan simbolis.

Bentuk atau gaya berbeda dalam bentuk figuratif (sesuai dengan bentuk aslinya) dan bentuk non-konfiguratif (tidak nyata). Bentuk-bentuk ini dapat dibagi menjadi bentuk-bentuk abstrak, bentuk gaya, bentuk geometris, deformasi, dan bentuk visual yang sebenarnya.

c. Berdasarkan Bentuk Abstrak

Bentuk abstrak adalah bentuk yang bukan hasil meniru atau memanipulasi bentuk atau bentuk alami yang bukan asli (tidak nyata). seperti sandal, irisan, kepiting, berkelok-kelok, palu, swastika dan banyak lagi. Bentuk abstrak dibagi menjadi tiga bagian, mis.

  • Bentuk abstrak murni, seperti kursi, sepatu, meja, dan rumah.
  • Bentuk abstrak simbol seperti huruf, rambu lalu lintas, tanda baca, dan simbol.
  • Bentuk abstrak filosofis, misalnya karakter Cina.
Baca Juga :  Pengertian PDB (Produk Domestik Bruto)

d. Berdasarkan Bentuk Geometris

Bentuk geometris adalah bentuk yang memiliki rutinitas, ukuran dan kekayaan. Contoh bentuk geometris adalah segitiga sama sisi, segilima, segi enam, segiempat, dan lingkaran.

e. Berdasarkan Deformasi

Bentuk deformasi adalah bentuk yang telah mengalami kesederhanaan.
Untuk beberapa contoh bentuk cacat, bentuk grafik yang dapat digunakan sebagai bahan referensi, silakan klik deskripsi pola seni di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

f. Berdasarkan Bentuk Stilasi

Bentuk dalam stilasi adalah adanya sebuah bentuk dengan berbagai gaya atau suatu perayaan. Misalnya, motif dekoratif geometris, fauna, flora, dan manusia.

g. Berdasarkan Bentuk Corak Visual Realistis

Bentuk visual realistis juga disebut bentuk naturalistik yang mirip dengan aslinya.

Macam-Macam Seni Rupa Terapan

Ada banyak contoh berbagai jenis karya seni yang dipaksakan sendiri. Bahkan, menemukan angka pastinya bisa sulit. Untuk memudahkan pembaca memahami karya ini, penulis mencoba menjelaskan karya seni yang terkandung dalam seni terapan ini.

a. Seni Kriya

Karya seni sebagai contoh seni terapan adalah karya seni yang diproduksi dengan keterampilan manual. Selain penggunaan fleksibilitas dan pengerjaan, juga membutuhkan adanya suatu kreativitas.

Sehingga karya yang dilakukan dalam karya ini masih memiliki elemen fungsional atau suatu aspek fungsional, tetapi pada saat yang sama juga aspek keindahan dari karya seni itu.

b. Seni Ilustrasi

Ilustrasi adalah sejenis seni atau bentuk gambar atau fotografi. Ada yang beranggapan bahwa seni ilustrasi adalah gambar yang memiliki fungsi menjelaskan sesuatu atau sesuatu.

c. Seni Grafis

Salah satu bentuk seni yang paling umum digunakan, atau proses pencetakan untuk membuat karya seni. Media yang digunakan dalam seni rupa biasanya cukup untuk menggunakan kertas. Contoh aplikasi adalah spanduk, desain pakaian, dan media cetak lainnya.Seni dekorasiSeni Dekorasi

Baca Juga :  Pengertian Capital (Modal)

Seni dekoratif merupakan salah satu dari banyak karya seni terapan, yang merupakan penataan furnitur atau peralatan lainnya dan aksesori sebagai membuat ruangan atau bangunan tertentu lebih elegan.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Seni Rupa Terapan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.