Rumus Kimia Urea

2 min read

Rumus Kimia Urea – Urea termasuk dalam senyawa organik yang terdiri dari unsur karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen dalam bentuk CON2H4 atau (NH2) 2CO. Urea dikenal sebagai karbamid yang biasa digunakan di Eropa. Nama lain yang umum digunakan adalah resin karbida, isourea, karbonil diamida dan karbonil diamina.

Senyawa tersebut merupakan senyawa sintetis pertama yang terbuat dari senyawa anorganik yang pada akhirnya merusak konsep vitalisme. Urea pertama kali ditemukan oleh Hilaire Roulle pada 1773. Ini adalah senyawa organik pertama yang disintesis dari senyawa anorganik.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Rumus Kimia Urea. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Urea?

Pengertian Urea adalah adanya senyawa atau kombinasi organik nitrogen, oksigen, karbon, dan hidrogen. Dari sudut pandang struktural, urea terdiri dari karbohidrat dan bentuk amida (terikat pada elemen N).

Oleh karena itu, urea tersebut mempunyai nama lain yang disebut karbida. Urea adalah salah satu produk limbah yang dilepaskan ketika tubuh memetabolisme protein yang digunakannya. Meskipun tubuh mengeluarkan urea sebagai limbah, ia menggunakan kegunaan lain.

Rumus-Kimia-Urea

Sejarah Urea

Pada 1773, seorang ilmuwan Prancis byang ernama Hillaire M. Rouelle telah mengisolasi urea dari urin manusia. Ahli kimia Jerman Friedrich Wohler kemudian mensintesis urea dari amonium sianat pertama untuk sintesis senyawa kimia.

Seseorang yang ahli kimia Jerman Adolph Bayer, yakni telah menemukan pada 1864 bagaimana barbiturat, suatu depresi sistem saraf pusat, diproduksi bereaksi dengan urea dan asam malonat.

Baca Juga :  Pengertian Entalpi

Penggunaan Urea

Adapun berbagai penggunaan dalam urea ini, diantaranya ialah:

a. Urea Sebagai Pupuk

Urea adalah senyawa kimia yang paling umum digunakan untuk pupuk, menjadikannya senyawa organik yang paling banyak digunakan di dunia. Kandungan nitrogen mencapai 46% dari massa, dan bentuk biji yang siap pakai dengan menjadikan urea pupuk paling populer yang dapat digunakan petani dengan efektif dan mudah.

b. Bahan Makanan Untuk Penggemukan Hewan

Dalam sebuah industri ternak besar, dalam sebuah penggunaan urea sebagai suplemen untuk hewan ternak adalah praktik umum. Senyawa urea dengan kandungan nitrogen yang sangat tinggi mendukung perkembangan hewan. Sekitar 4% dari produksi urea digunakan di peternakan hewan.

c. Urea Dalam Mesin Disel

Urea digunakan untuk mengurangi polusi udara dari mobil diesel, truk dan bus. Mesin dan truk diesel mencapai suhu yang sangat tinggi dan menghasilkan gas nitrogen dan oksigen, yang keduanya bereaksi dan dapat menyebabkan polusi gas NO2.

Cara mudah untuk menyelesaikannya adalah bereaksi dengan gas ini dengan amonia untuk membentuk nitrogen. Akan tetapi, reaksi amonia pada suhu tinggi juga tidak mungkin karena beracun. Inilah alasan mengapa urea digunakan larut dalam air yang disuntikkan ke dalam gas panas yang keluar dari mesin. Hasil dari reaksi ini adalah pembentukan CO2 dan NH3.

d. Industri Resin dan Plastik

Reaksi dengan antara urea dan formaldehida banyak digunakan dalam industri resin dan plastik. Ikatan nitrogen yang terbentuk memiliki sifat perekat yang kuat. Properti ini sangat dibutuhkan dalam industri resin, lem dan plastik.

Ternyata selain digunakan sebagai pupuk, urea memainkan peran utama dalam industri kimia, yang menjadikan senyawa urea sebagai bahan organik yang paling umum digunakan di dunia. Di sini Anda akan menemukan informasi tentang formula penggunaannya dan kimia urea.

Baca Juga :  Hukum Kekekalan Massa

Sifat Pupuk Urea

Dalam sebuah kandungan nitrogen terhadap suatu pupuk urea, pupuk tersebut dapat dengan mudah menyerap air dan mudah larut dalam air. Yang kita butuhkan adalah pupuk rumput. Bentuk praktis butiran membuat negara beragam seperti pupuk.

Contoh-Rumus-Kimia-Urea

Versi yang disintesis digunakan secara komersial dan dalam industri untuk menghasilkan berbagai jenis plastik, lem, pembersih toilet, pestisida, racun dan banyak lagi.

Dalam dunia medis, urea juga dapat digunakan dalam produk barbiturat dermatologis untuk mengembalikan hidrasi kulit dan diuretik. Penggunaan urea menjadi semakin penting untuk mengurangi polusi udara dari mesin diesel di mobil, bus atau truk.

Mesin diesel dijalankan pada suhu tinggi, nitrogen dan oksigen dari udara secara bersamaan menghasilkan konsentrasi nitrogen oksida yang tinggi. Nitrat oksida merupakan sebuah polutan udara. Salah satu cara untuk menghilangkan polusi ini adalah terhadap bereaksi dengan amonia dan membentuk dalam suatu nitrogen.

Akan tetapi, tidak mungkin menggunakan amonia secara langsung. Karena menguap dan beracun, larutan urea di dalam air dapat disuntikkan dari mesin gas buang ke dalam gas panas. Urea dipecah menjadi karbon dioksida dan amonia.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Rumus Kimia Urea. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Pengertian Asam Oksalat

Evitasari
2 min read

Sifat Kimia Alkohol

Evitasari
2 min read

Pengertian Nitrit

Evitasari
2 min read