Penyusutan Garis Lurus

2 min read

Penyusutan Garis Lurus – Pada metode ini sangat begitu sederhana dan paling banyak diterapkan oleh para perusahaan. Dalam biayanya tidak dapat dipengaruhi dengan produktivitas, pada kegunaan ekomis nya akan menutun setiap periode.

Apakah kalian pernah mendengar penyusutan garis lurus? Nah, dalam artikel ini akan membahas secara singkat dan jelas mengenai penyusutan tersebut. Yuukk… Simak penjelasan selanjutnya sebagai berikut.

Apa itu Penyusutan ?

Pengertian Penyusutan merupakan sebuah biaya yang ditetapkan untuk aset tetap untuk periode tersebut.

Dengan kata lain, penurunan atau perubahan dalam biaya asli dari item aset tetap seperti bangunan pabrik, peralatan kerja dan mesin produksi, yang dikenal sebagai penyusutan, menjadi beban selama masa manfaat yang diharapkan dari aset tetap.

Pengertian-Penyusutan

Biaya dalam penyusutan atau penurunan nilai dapat berpengaruh pada nilai perusahaan, karena dalam akumulasi penyusutan yang dilaporkan untuk setiap aset mengurangi jumlah tercatat di neraca. Beban dalam penyusutan yakni berdampak pada hasil bersih karena dilaporkan sebagai pengeluaran atau beban dalam laporan sebuah keuangan.

Karakteristik Penyusutan (Depresiasi)

Berikut merupakan karakteristik dalam penyusutan aktiva tetap, diantaranya ialah:

  • Depresiasi merupakan sebuah penurunan nilai aset tetap (tidak termasuk tanah). Dalam sebuah penurunan dengan nilai aset yakni memiliki sifat permanen. Setelah dikurangi, nilai asli tidak dapat dikembalikan lagi.
  • Penyusutan hanya digunakan sebagai pabrik, properti, dan peralatan. Penyusutan tidak dapat digunakan untuk sejumlah aset yang tidak memiliki wujud atau item yang pakai.
  • Penyusutan bukanlah sebuah proses untuk menilai aset, tetapi dapat mengalokasikan biaya dalam aset selama masa efektifnya.
  • Penyusutan atau penurunan memiliki sebuah nilai dan pada prosesnya langkah demi langkah akan berkelanjutan yang dapat mengurangi nilai suatu aset, baik melalui penggunaan aset atau berlalunya waktu.
  • Penyusutan atau penurunan akan mengurangi nilai buku dan bukan nilai pasar aset.
Penyusutan-Garis-Lurus

Metode Penyusutan Garis Lurus

Dalam sebuah metode dalam garis lurus, terdapat beban dalam penyusutan yakni sama untuk setiap tahun dan tidak terpengaruh dengan kinerja atau output yang akan dihasilkan. Metode ini lebih menekankan dengan beberapa aspek waktu daripada aspek dalam pengguna. Metode penyusutan garis lurus, banyak digunakan dalam bisnis karena kemudahan dalam penggunaan nya.

Baca Juga :  Pengertian Akuntansi

Perhitungan tarif untuk metode ini, diantaranya ialah:

Harga Perolehan Nilai Sisa / Estimasi Umur Kegunaan = Tarif Penyusutan

Keuntungan dari sebuah metode garis lurus adalah bahwa lebih mudah untuk diterapkan dan digunakan dalam suatu akuntansi, dan bahwa tingkat penyusutan lebih mudah untuk ditentukan.

Meskipun mempunyai sebuah kelebihan, tetapi juga mempunyai kerugian seperti biaya perbaikan dan pemeliharaan, yang dianggap sama untuk setiap periode, dan manfaat ekonomi dari aset adalah sama setiap tahun.

Pada beban dalam penyusutan yang diakui tidak mencerminkan biaya menghasilkan pendapatan yaitu pada laba tahunan tidak mencerminkan pengembalian aktual dari masa manfaat aset yakni dalam hal prinsip yakni terdapat pencocokan yang tidak tepat, biaya penyusutan harus proporsional dengan pendapatan yang dihasilkan.

Metode penyusutan Saldo Menurun

Metode penyusutan ialah sebuah metode yang jenis penyusutan dalam sebuah aset bersifat tetap tetap yang dapat dihitung berdasarkan persentase tertentu dan dihitung dari harga buku untuk tahun tersebut. Persentase depresiasi adalah dua kali persentase atau tingkat penyusutan metode garis lurus.

Dalam metode ini, sebuah persentase atau kurs tertentu dikalikan dengan nilai buku aset. Nilai buku pada akhir setiap bagan berkurang, akan menghasilkan pengurangan biaya penyusutan.

Keuntungan dari metode ini ialah lebih murah dari pada metode penyusutan garis lurus. Kerugiannya ialah bahwa hal itu lebih rumit dan sulit untuk diterapkan dalam akuntansi karena banyaknya variabel perhitungan yang harus dipertimbangkan.

Dalam metode ini, penurunan atau perubahan dalam biaya asli dari item aset tersebut. Biayanya tidak dapat dipengaruhi dengan produktivitas, pada kegunaan ekomis nya akan menutun setiap periode.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, mengenai Penyusutan Garis Lurus. Semoga ulasan ini, dapat bermanfaat dan dapat berguna bagi Anda.

Baca Juga :  Pengertian Administrasi Perkantoran

Fungsi Permintaan

Evitasari
2 min read

Buku Besar 4 Kolom

Evitasari
1 min read

Laporan Keuangan Dagang

Evitasari
2 min read