Pengertian Wartawan

2 min read

Pengertian Wartawan – Mereka yang melakukan dalam suatu kegiatan jurnalistik atau dengan cara teratur menulis berita (dalam bentuk laporan) dan secara teratur menerbitkan atau dikirimkan dengan tulisan. Laporan-laporan ini kemudian bisa dipublikasikan di media massa misalnya koran, dokumenter, radio, televisi, majalah, dan di Internet.

Wartawan tersebut yakni mencari sumber sebagai dituliskan di dalam laporan, dan diharapkan bahwa dalam membuat laporan yang paling objektif dan terperinci akan ditulis dari sudut pandang tertentu dalam melayani kalangan masyarakat.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Wartawan. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Pengertian Wartawan

Menurut Wikipedia, seorang reporter atau jurnalis atau reporter adalah orang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang menulis berita secara teratur (dalam bentuk laporan) dan menulis secara teratur di berbagai media.

Pengertian-Wartawan

Wartawan yakni termasuk dalam jurnalis lain yang telah bekerja untuk menemukan, memilih, mengumpulkan, menyiapkan dan menyajikan berita lebih cepat melalui media massa, media cetak dan media elektronik. Para wartawan yang disebutkan namanya termasuk wartawan, juru kamera berita, editor, fotografer berita, editor dan redaktur audiovisual.

Jenis-Jenis Wartawan

Adapun berbagai jenis dalam wartawan, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Wartawan Profesional

Jurnalis profesional adalah adanya seorang jurnalis yang menjadikan jurnalisme dengan sebagai sebuah profesi. Pekerjaan itu dilakukan sebagai pekerjaan atau profesi.

Baca Juga :  Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

b. Koresponden

Sering digunakan sebagai jurnalis yang bekerja di wilayah tersebut dan tidak di kota yang sama dengan penerbit. Dia bekerja dan menulis pesan dan posting melalui pos, faks, telepon, modem, dan sarana komunikasi lainnya.

c. Wartawan Free Lance

Jurnalis lepas adalah jurnalis yang tidak mengandalkan hanya satu pesan atau berita. Dia menyelesaikan tiga kursus jurnalisme. Meskipun karyanya tersebar luas di berbagai media, ia tidak mungkin dipengaruhi oleh publikasi atau surat kabar.

d. Wartawan Kantor Berita

Reporter kantor berita adalah reporter dari kantor berita atau kantor pers baru. Para jurnalis ini mencari berita untuk kantor berita, dan kemudian berita tersebut didistribusikan atau dijual ke berbagai agen penerbitan yang membutuhkan.

Kode Etik Wartawan

Berikut ini adalah kode etik jurnalis, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Wartawan Indonesia menghormati hak publik dalam mendapatkan sebuah informasi yang begitu benar.
  • Wartawan Indonesia yakni telah menggunakan prosedur etis untuk mengumpulkan dan menyebarluaskan informasi dan sebagai mengidentifikasi sebuah sumber informasi.
  • Wartawan Indonesia menghargai ide-ide kasar, seimbang, tidak mencampurkan fakta dengan opini, dan tentu saja memeriksa kebenaran informasi dan tidak menjiplak tulisan.
  • Wartawan Indonesia tidak menyebarkan informasi tentang penipuan, pencemaran nama baik, sadis dan ketidaksenonohan dan tidak menyebutkan identitas korban kejahatan.
  • Wartawan Indonesia tidak menerima suap dan tidak menyalahgunakan profesi mereka.
  • Wartawan Indonesia mempunyai suatu hak untuk menolak informasi dasar dan informal sesuai dengan ketentuan larangan tersebut.
  • Wartawan Indonesia segera menghapus dan memperbaiki kesalahan pelaporan dan pengiriman.

Tugas Wartawan

Contoh-Wartawan

Adapun berbagai jenis tugas dalam wartawan ini dalam buku, How to Knoe What’s True in The Age of Information Overload karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel diantaranya ialah:

Baca Juga :  Pendidikan Formal

a. Sense Maker

Sense Maker merupakan adanya seorang pelapor dapat menjelaskan apakah informasi yakni tidak masuk akal atau masuk akal.

b. Authenticator

Authenticator, adalah dibutuhkan terhadap masyarakat adalah jurnalis yang dapat memeriksa keaslian berita atau informasi tersebut.

c. Investigator

Investigator, adanya seorang jurnalis terus memantau kekuatan mereka dan membuka kejahatan.

d. Empowerer

Empowerer, ialah menggunakan kekuatan antara jurnalis dan warga negara untuk melakukan percakapan yang sedang berlangsung.

e. Withness Bearer

Anda perlu meneliti dan memantau acara-acara tertentu dan bekerja dengan wartawan.

f. Agregator pintarSmart Aggregator

Jurnalis harus pintar ketika harus berbagi sumber berita yang kredibel, laporan yang tidak hanya menjelaskan pekerjaan jurnalis tersebut.

g. Organizer

Organisasi yakni dengan adanya suatu berita bersifat umum, lama dan baru.

h. Role Model

Ini tidak hanya bekerja dan menghasilkan karya, tetapi perilaku jurnalis di seluruh dunia juga harus dicontohkan.

Manfaat Sebagai Wartawan

Adapun berbagai manfaat dalam wartawan, yakni:

  • Bisa mengetahui dengan begitu banyak sebuah informasi.
  • Peningkatan dalam suatu pengetahuan.
  • Dapat meningkatkan pengalaman.
  • Dapatkah Anda mencari tahu apa yang baru lebih baik daripada yang lain
  • Memiliki jaringan pertemanan yang luas
  • Mempunyai suatu kesempatan untuk bertemu artis, menteri dan orang penting lainnya
  • Jam kerja yang bersifat fleksibel
  • Pergi bertualang, berjalan-jalan atau pergi ke berita untuk menemukan dalam suatu berita.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Wartawan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Negara ASEAN

Evitasari
2 min read

Pengertian Disertasi

Evitasari
2 min read

Sejarah PNI

Evitasari
2 min read