Pengertian Memo

1 min read

Pengertian Memo – Karena dalam suatu penggunaannya, beberapa memo resmi dan lainnya bersifat informal (pribadi). Memo resmi yakni biasanya digunakan untuk menjelaskan hubungan resmi dengan antara pemimpin dan bawahannya.

Dijawab oleh institusi, agensi atau organisasi. Memo resmi tidak digunakan sebagai pengingat atau pertukaran informal antara teman, kerabat atau pihak ketiga yang terlibat dalam institusi, organisasi, atau lembaga.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap yakni mengenai Pengertian Memo. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Memo ?

Pengertian Memo atau dapat disebut sebagai pesan ringkas ialah adanya sebuah surat atau pesan yang telah tersedia dengan cara singkat, tepat dan jelas kepada orang lain.

Berdasarkan dalam suatu pakaian, ada beberapa jenis memo resmi serta yang informal (pribadi). Memo resmi yakni telah dikeluarkan sebagai pernyataan hubungan resmi antara pemimpin dan bawahannya (memo dari agensi, dan organisasi).

Pengertian-Memo

Informasi memo tidak boleh digunakan sebagai catatan atau klaim informal yang tidak secara resmi dibagikan di antara teman, saudara, dan orang lain yang mempunyai suatu hubungan dekat (dengan orang yang hadir atau dengan organisasi, lembaga, dan lembaga yang terlibat).

Memo adalah surat yang dibuat khusus untuk keperluan kantor atau organisasi. Memo dapat dikirim secara horizontal atau vertikal. Horizotal akan mengirim log pengiriman kepada mereka yang berada di posisi yang sama dan posting vertikal dari bawahan bos pengiriman memo, atau sebaliknya, untuk mengingatkan dan memutuskan.

Baca Juga :  Majas Litotes

Ciri-Ciri Memo

Adapun berbagai ciri-ciri dalam memo ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Memo adalah bentuk komunikasi yang berisi saran, instruksi atau penjelasan tentang suatu subjek.
  • Ini mempunyai suatu bagian seperti huruf, tetapi lebih mudah.
  • Informasi yang Anda kirim jelas dan relevan.
  • Biasanya tidak termasuk dalam suatu identitas kantor seperti nama kantor, nomor telepon, dan alamat kantor lengkap, karena sirkulasi terbatas.
  • Memo yakni bisa diajukan baik secara horizontal (pihak dalam posisi yang sama) atau secara vertikal (kontribusi dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya).

Jenis-Jenis Memo

Adapun berbagai jenis dalam memo ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Memo Bersifat Pribadi (Memo Tidak Resmi)

Memo pribadi yakni telah digunakan sebagai catatan atau klaim tidak resmi di antara kerabat, teman, atau orang lain yang mempunyai suatu hubungan dekat.

b. Memo Bersifat Resmi

Memo resmi yakni telah digunakan untuk menunjukkan antara suatu hubungan resmi pemimpin dengan bawahannya.

Struktur Memo

Memo yakni telah terdiri dari dengan beberapa bagian atau struktur, diantaranya ialah:

  • Kepala Memo, yakni telah terdiri dari header “memo resmi”, nama pengirim dan nama penerima.
  • Badan Memo, yakni telah terdiri dari satu halaman dan satu halaman memo itu.
  • Kaki Memo, yakni telah terdiri dari alarm dan nama lengkap orang yang membuat memo tersebut.

Tujuan Memo

Tujuannya ialah sebagai menerima memo atau untuk memberikan informasi atau instruksi kepada mereka yang kompeten atau relevan. Tujuannya adalah untuk menemukan konten dan tujuan serat dengan mudah dan jelas.

Fungsi Memo

Fungsi memo digunakan untuk mengingatkan dan menyoroti masalah dalam agensi. Isi memo dapat mencakup permintaan, instruksi, pemberitahuan, pesan, saran, dan aktivitas tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Frasa

Cara Membuat Memo

Langkah-langkah untuk membuat memo meliputi:

  • Saat Anda menulis memo, tuliskan secara singkat dan singkat tentang poin-poin terpenting yang ingin disampaikan.
  • Menggunakan bahasa yang sesuai untuk penerima.
  • Membuat suatu nama penulis jelas di memo untuk membuatnya tak terlupakan.
  • Pastikan untuk memasukkan nama penerima sehingga komite salah.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Memo. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Konjungsi Kausalitas

Evitasari
1 min read

Kalimat Imperatif

Evitasari
2 min read

Pengertian Menyontek

Evitasari
2 min read