Pengertian Hiponim

2 min read

Pengertian Hiponim – Sebuah frasa atau kata yang mempunyai makna yang terkandung dalam frasa atau kata lain yang biasa disebut sebagai hieronim atau hypernim. Hiponim tersebut merupakan dalam kelompok hyperonim, dan mereka yang memiliki hyperonim yang sama disebut sebagai cohiponym.

Suatu bentuk ujaran yang mempunyai makna yang terkandung dalam makna bentuk ujaran yang lain. Hubungan makna hiponim-hyperonim berbeda dari hubungan makna meronim-holonim, yang menjadi hubungan dengan antara kesatuan dan bagian.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap yakni mengenai Pengertian Hiponim. Untuk ulasan selengkapnya, yukk.. Simak sebagai berikut.

Apa itu Hiponim ?

Pengertian Hiponim atau kata tertentu merupakan suatu frasa atau kata yang kelompok semantik atau maknanya terkandung dalam kata lain, yakni hypernim atau kata umumnya.

Pengertian-Hiponim

Dengan kata lain, hiponim adalah adanya sebuah sejenis hypernim. Misalnya, gagak, elang, merpati, dan burung camar semuanya merupakan hiponim dari burung-cyprusim, yang merupakan hiponim dari kata binatang. Terdapat beberapa hiponim dengan hypernim yang sama disebut sebagai cohiponim.

Relasi Makna dari Aspek Hiponim

Hubungan tidak penting bisa dilihat dari aspek hyponym bersama dengan aspek antonim, sinonim, homonim, polisem, makna dan ambiguitas yang tumpang tindih. Makna hubungan berarti hubungan semantik yang ada antar unit bahasa.

Unit bahasa dapat dalam bentuk frasa atau syair. Kesamaan makna, kontradiksi makna, ruang lingkup makna, penggandaan makna dan ekses makna dapat ditentukan oleh hubungan makna. Rasio makna dapat dipahami jika “melati” adalah adanya sebuah hiponim untuk “bunga” karena melati adalah sejenis bunga. Jasmine adalah bunga, tetapi tidak hanya melati, ada juga bunga matahari, mawar, malam pedas, sepatu, anggrek, sakura dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Pengertian Motivation Letter

Jenis – jenis Hiponim

Terdapat beberapa jenis dalam hiponin ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Hiponim Tulen

Padi adalah sebuah kata yang telah mengandung dalam dua kata yang dikelompokkan dengannya, yaitu nasi dan beras.

2. Hiponim Umum

Hiponim ini berarti adanya sebuah sebuah kata yang menjadi nama umum, seperti rumah teres dan banglo. Ini berarti bahwa tipe rumah harus menghubungkan kata-kata rumah untuk membentuk bagian dari kata am.

Contoh Kalimat Hiponim dan Hipernim

Untuk lebih memahami dalam sebuah contoh kalimat hipernim dan hiponim, beberapa sebuah contoh diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Makan buah-buahan seperti mangga, semangka, jeruk, dan melon dapat memenuhi adanya sebuah kebutuhan vitamin terhadap suatu tubuh.

  • Hipernim: Buah
  • Hiponim: nanas, mangga, jeruk, durian, ceri, anggur

2. Dari semua merek ponsel seperti Samsung, HP, Asus, Lenovo, Acer, saya lebih suka Lenovo.

  • Hipernim: Handphone
  • Hiponim: Acer, Samsung, Asus,Lenovo, HP

3. Semua jenis dalam sebuah kendaraan, mulai dari becak, sepeda, bajaj, sepeda motor, mobil hingga bus, ada di wilayah Jakarta.

  • Hipernim: Kendaraan
  • Hiponim: Becak, Sepeda, Bajaj, Sepeda Motor, Mobil hingga Bus.

4. Rumah saya penuh dengan hewan peliharaan seperti ayam, kelinci, kambing, burung, dan hamster.

  • Hipernim: Binatang peliharaa
  • Hiponim: Hamster, Ayam, Burung, Kelinci, Kambing

5. Naluri binatang liar seperti harimau, singa, naga, ular, dan beruang sangat tajam, terutama dalam mencari sebuah makanan tersebut.

  • Hipernim: Binatang buas
  • Hiponim: Singa, Ular, hHarimau, Beruang, Naga

Hubungan Hiponimi Sejenis

Hubungan hyponymy merupakan adanya sejenis hubungan hierarkis di mana unsur-unsur leksikal di atas memiliki makna paling umum dan dapat digunakan untuk merujuk pada unsur-unsur leksikal yang mendasarinya. Ia telah dikenal dengan nama “superordinat”.

Elemen leksikal yang telah mendasarinya juga memiliki makna dan elemen yang lebih spesifik dengan makna elemen leksikal. Elemen-elemen leksikal ini diakui dengan sebutan nama “bawahan” atau sebagai hiponim.

Baca Juga :  Pengertian Animasi

Hubungan dengan antara hiponim ini diakui dengan sebutan nama co-hyponymy. Antara dalam sebuah contoh terhadap hubungan hiponim yang dapat ditemukan di sebuah bidang ornamen.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap daan jelas yakni mengenai Pengertian Hiponim. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Konjungsi Kausalitas

Evitasari
1 min read

Kalimat Imperatif

Evitasari
2 min read

Pengertian Memo

Evitasari
1 min read