Pengertian Etiolasi

2 min read

Pengertian Etiolasi – Adanya sebuah hormon dalam tubuh tanaman yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan tanaman yang dikenal sebagai auksin. Hormon auksin umumnya ditemukan di bagian atas akar, batang, dan pembentukan bunga.

Selama masa pertumbuhan, tanaman cenderung tumbuh menuju sinar matahari atau sumber cahaya. Artinya, kehadiran sinar matahari memiliki dampak besar pada terjadinya proses tersebut.

Ketika tanaman telah ditempatkan di tempat di mana tidak ada sinar matahari, hormon auksin itu sendiri. Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Pengertian Etiolasi. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Etiolasi ?

Tahukah Anda dalam sebuah tanaman yang telah di tempat gelap (tanpa sinar matahari) sebenarnya dapat mengalami suatu proses pertumbuhan yang begitu lebih cepat?

Pengertian-Etiolasi

Berbagai dalam sebuah pengamatan menunjukkan bahwa ini memang cukup benar, jika tanaman ditempatkan di tempat yang cukup gelap atau bahkan di media tertutup, maka tanaman itu sebenarnya memiliki batang yang lebih panjang atau bahkan dibandingkan dengan tanaman di tempat yang akan ditanam. Tempat yang terbuka banyak sinar matahari, atau bahkan tempat terbuka.

Dalam biologi, proses ini juga bisa disebut etiolasi. Oleh karena itu, luka bakar kimia juga dapat didefinisikan sebagai pertumbuhan tanaman yang begitu cepat ketika tanaman ditempatkan di tempat yang gelap atau bahkan di tempat-tempat tanpa sinar matahari.

Gejala Etiologi

Selama pertumbuhan, tanaman cenderung tumbuh menuju sinar matahari atau sumber cahaya. Artinya, kehadiran sinar matahari memiliki dampak besar pada terjadinya proses tersebut.

Jika dalam sebuah tanaman ditempatkan di tempat di mana tidak ada sinar matahari, hormon auksin itu sendiri mungkin lebih aktif dalam proses pertumbuhannya, menyebabkan tanaman tumbuh (meluas) secara tidak normal sampai ujung tanaman akhirnya menerima cukup cahaya untuk mulai menghasilkan penghambatan auksin di dalamnya.

Baca Juga :  Sistem Pernapasan Manusia

Namun dalam kebanyakan kasus, pertumbuhan berlebih tanaman tidak akan dikompensasi oleh pertumbuhan klorofil (zat hijau daun), sehingga tanaman dapat memiliki warna hijau muda karena efek ini.

Etiologinya yakni dapat ditandai dengan berbagai gejala, seperti:

  • Tanaman menjadi panjang atau tinggi dengan cepat.
  • Munculnya klorosis, yang merupakan warna daun pucat, sebagai akibat dari kurangnya klorofil dalam tanaman.
  • Dinding sel pada batang dan daun tanaman melemah.
  • Tumbuhan yang terisolasi memiliki jarak yang lebih panjang di antara bagian-bagiannya.

Akibat Etiolasi

Ketersediaan dalam sebuah sinar cahaya adalah adanya sebuah faktor utama yang dapat mempengaruhi terjadinya ethiolasi, di mana tanaman, yang hidup di tempat-tempat di mana ada sedikit atau tidak ada cahaya, mampu mengaktifkan hormon auksin dalam tanaman.

Etiolasi

Sehingga ada pertumbuhan abnormal pada suatu tanaman. Pada bagian tanaman yang tidak dapat terpapar sinar matahari, tanaman dapat menghasilkan hormon auksin dalam jumlah yang cukup, yang dapat menyebabkan sel-sel dalam tanaman berkembang lebih cepat.

Mencegah Etiolasi

Lalu bagaimana Anda bisa mencegah ethiolasi? Untuk mencegah hal ini, tanaman dapat dipindahkan ke area yang lebih sering diterangi oleh cahaya Mahatari.

Namun, terutama untuk tanaman seperti padi, jagung dan lainnya, sinar matahari langsung masih diperlukan untuk memaksimalkan produksi beras dan jagung.

Bagi sebagian orang yang menanam tanaman, terutama tanaman hias yang masih membutuhkan etiolase selama proses perkecambahan, hal ini terjadi sehingga biji dapat berkecambah.

Akan tetapi, untuk membuat sebuah tumbuhan atau tanaman terlihat sehat dan kuat, ia dapat tumbuh hipogeal dan epigeal setelah biji pecah. Karena itu, harus dibawa langsung ke daerah yang terkena sinar matahari tidak langsung. Dalam hal ini, fotosintesis aktif harus didukung.

Baca Juga :  Ciri Khusus Cumi-Cumi

Kebanyakan pembudidaya profesional sering menggunakan lampu yang dipasang di permukaan atau lampu UV untuk menyederhanakan proses kerja mereka.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Etiolasi. Semoga ulasan kali ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.