Pengertian Animasi

2 min read

Pengertian Animasi – Adapun berbagai orang yang mendefinisikan animasi sebagai hasil pemrosesan gambar di tangan film yang dikendalikan komputer. Membuat konten animasi memerlukan gambar yang digambar tangan.

Animasi termasuk dalam suatu grafik yang menunjukkan gerakan sehingga objek tampak hidup. Dengan perencanaan dan kematangan yang tepat, aliran animasi dapat dirasakan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Animasi. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukkk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Animasi ?

Pengertian Animasi merupakan adanya suatu bentuk gambar bergerak yang berasal dari koleksi benda-benda yang diatur secara khusus sehingga dapat bergerak di sepanjang jalur yang telah ditentukan kapan saja. Objek adalah gambar manusia, gambar binatang, teks, bangunan, gambar tanaman, dan banyak lagi.

Adapun berbagai orang yang mendefinisikan animasi sebagai hasil pemrosesan gambar di tangan film yang dikendalikan komputer. Membuat konten animasi memerlukan gambar yang digambar tangan. Kemajuan dalam teknologi animasi komputer, tidak dibuat di atas kertas, tetapi langsung di komputer.

Pengertian-Animasi

Istilah dalam animasi yakni tidak berbeda untuk kita, terutama untuk anak-anak. Ini karena kami biasanya menemukan konten animasi melalui karakter kartun atau film anime.

Baca Juga :  Contoh Hakikat

Pembuat animasi disebut animator. Saat ini, banyak perusahaan film animasi yang sukses, termasuk Walt Disney, DreamWorks, Pixar, dan lainnya.

Prinsip Animasi

Adapun berbagai prinsip dalam animasi, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Kemampuan Menggambar

Gambar tetap adalah kemampuan orang untuk membuat gambar dengan benar dan baik, dan sebagai mengatur gambar agar tampak lebih nyata.

b. Antisipasi

Antisipasi merupakan adanya menciptakan dalam gerakan di dalam suatu objek sehingga penonton dapat memahami dan menikmati animasi yang ditampilkan.

c. Meregangkan dan Menekan (Squash and Stretch)

Squash and stretch dirancang dalam membuat benda hidup atau tidak hidup terlihat nyata sehingga terlihat lebih jelas dan realistis.

d. Staging

Staging merupakan adanya suatu serangkaian gerakan di mana ekspresi karakter atau objek dibuat dalam animasi untuk membuat penonton lebih peka.

e. Mengikuti Gerakan

Saat adegan berhenti, karakter tidak tiba-tiba berhenti. Ini membuat animasi dengan terlihat lebih realistis.

f. Slow In dan Slow Out

Ini adalah pengaturan dan pengaturan waktu dari satu adegan ke adegan lainnya dalam animasi.

g. Lurus ke Depan dan Pose untuk Pose

Adanya sebuah langkah oleh animator yang dijadwalkan bekerja untuk membuat gambar, membuat gerakan dan ukuran sehingga animasi dapat dibuat dari awal.

h. Konstruksi Lengkung

Animasi tubuh atau karakter animasi terlihat lebih cair. Misalnya, memindahkan objek atau memindahkan objek tampak lebih realistis dalam animasi.

i. Waktu

Waktu ini yakni telah menentukan dengan adanya suatu titik yang tepat dalam waktu di mana objek atau karakter diberikan gerakan dalam animasi yang dibuat.

j. Gerakan Dukungan (Aksi Sekunder)

Ini berfungsi untuk menciptakan berbagai gerakan yang mendukung untuk melengkapi karakter dalam ekspresi atau tindakan mereka dan untuk membuatnya lebih nyata.

Baca Juga :  Cerita Rakyat

k. Daya Tarik

Daya Tarik merupakan adanya sebuah kualitas animasi di mana penonton dapat menikmati gambar yang bagus, fungsi yang menarik, mempunyai suatu daya tarik, dan banyak lagi.

l. Melebihkan

Melebihkan merupakan adanya segala upaya sebagai membuat karakter lebih aman dalam aksi, contohnya untuk membuat karakter lebih lucu.

Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatan

Contoh-Animasi

Adapun berbagai teknik dalam pembuatan animasi, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Bingkai Animasi

Bingkai animasi ialah adanya suatu animasi yang menggunakan banyak gambar yang ditampilkan secara bergantian. Contoh sederhana, seperti ketika Anda membuat gambar atau objek yang berbeda di bagian buku, adalah dengan cepat membuka buku dengan jari Anda sehingga gambar ditampilkan.

2. Animasi Cell

Berasal dari kata “Celluloid”, ini adalah teknik film animasi yang sangat populer. Sel animasi biasanya berupa lembaran yang membentuk satu animasi.

Jadi setiap sel adalah bagian yang terpisah. Misalnya, objek dan latar belakang dipisahkan sehingga mereka dapat bergerak secara independen satu sama lain.

3. Sprite Animasi

Tangkapan layar animasi dengan latar belakang masih menggambar dan bergerak maju. Teknik ini adalah bagian dari animasi yang dapat digunakan secara mandiri, misalnya burung terbang, bola bowling, pesawat berputar, bermain logo dan banyak lagi.

4. Animasi Karakter

Teknik-teknik dalam suatu animasi karakter adalah umum dalam film kartun dan film animasi bentuk 3D. Dalam animasi karakter, semua bagian animasi bekerja bersama, tetapi karakter dari setiap objek memiliki properti dan gerakan yang berbeda.

5. Animasi Vektor

Teknik animasi vektor mirip dengan animasi sprite, kecuali bahwa animasi sprite menggunakan bitmap, sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite.

6. Jalur Animasi

Animasi jalur Teknik animasi dengan objek yang bergerak sepanjang garis yang didefinisikan sebagai jalur. Misalnya, buat kereta animasi, pesawat terbang, dan lain sebagainya, yang membutuhkan dalam adanya suatu gerakan tertentu.

Baca Juga :  Teks Diskusi

7. Animasi Spline

Teknik animasi spline ialah adanya suatu representasi matematis dari kurva yang memungkinkan benda bergerak dalam bentuk melengkung dan lurus.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Animasi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Konjungsi Kausalitas

Evitasari
1 min read

Kalimat Imperatif

Evitasari
2 min read

Pengertian Memo

Evitasari
1 min read