Lompat Jauh

2 min read

Lompat Jauh – Olahraga lompat jauh telah ada sejak zaman Yunani kuno dan pada hari-hari awal tujuan pelatihan militer adalah untuk melatih dan menguji keterampilan tentara sambil melewati rintangan misalnya parit, tebing, dan lain sebagainya.

Pada saat itu, teknik melompat sangat berbeda dari hari ini sehingga jumper harus membuka dengan mengangkat beban di kedua tangan. ini didasarkan pada lukisan lama yang kami temukan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengena Lompat Jauh. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Lompat Jauh?

Pengertian Lompat Jauh merupakan jenis atlet yang membutuhkan kelincahan, kecepatan, dan kekuatan atlet untuk melompat sejauh mungkin dari sudut tembak atau lompatan dan kemudian terbang di udara dan mendarat sebanyak mungkin di pasir.

Jumper biasanya melompat hingga 30 meter dari garis lompatan dan kemudian mempercepat kakinya ke kecepatan maksimum sebelum didorong dengan satu kaki di dekat tepi lompat.

Lompat-Jauh

Ketika kompetisi melebihi batas lompat. Kemudian lompatan dibatalkan atau salah. Jika peserta melompat jauh melampaui garis lompat, mereka kehilangan jarak yang berharga. Atlet lompat jauh harus berlari cepat dan kemudian melompat ke ujung lompatan untuk memaksimalkan jumlah lompatan mereka.

Sejarah Singkat Lompat Jauh

Olahraga lompat jauh telah ada sejak zaman Yunani kuno dan pada hari-hari awal tujuan pelatihan militer adalah untuk melatih dan menguji keterampilan tentara sambil melewati rintangan misalnya parit, tebing, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Permasalahan Ekonomi Mikro

Pada saat itu, teknik melompat sangat berbeda dari hari ini sehingga jumper harus membuka dengan mengangkat beban di kedua tangan. ini didasarkan pada lukisan lama yang kami temukan.

Rintangan pertama di Olimpiade 1896 dan setelah rekor melompat. Pada 1935, Jesse Owen melonjak 8,13 meter sebelum dihancurkan oleh Bob Beamon pada 1968 dan lagi oleh Mike Powell pada 1991 dengan lompatan 8,95 meter.

Jenis Gaya Lompat

Adapun berbagai jenis dalam gaya lompat ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air)

Adapun beberapa teknik yang perlu dipertimbangkan ketika melompat dalam gaya ini, misalnya:

  • Ikuti jalur cepat ke trek di 40-45 meter. Kemudian tolakan pada papan penolakan menggunakan kaki terkuat untuk mengubah kecepatan horizontal yang awalnya dihasilkan ke kecepatan vertikal.
  • Saat tubuh Anda melayang di udara, ayunkan kaki Anda atau kaki belakang Anda energik. Kemudian ikuti langkah-langkah di udara dengan berjalan kaki yang sebelumnya digunakan untuk menahan atau menghindari gerakan udara.
  • Membuat pendaratan aman dan tidak menyebabkan cedera. Anda melakukan ini dengan kaki dan tangan lurus, tubuh Anda bergerak maju, dan ketika tumit menyentuh lutut dengan cepat.

2. Lompat Jauh Gaya Jongkok (Gaya Ortodock/Tack Style)

Gaya Jongkok adalah cara tertua dan termudah untuk melompat. Ini disebut gaya jongkok karena para atlet hanya menekuk kaki dan jongkok ketika terbang di udara.

Saat menjalankan gaya ini, tolakan harus tepat dan kuat. Ketika berada di luar angkasa, posisi tubuh sangat melengkung sehingga kru duduk di rumah dan tangan mereka digulung ketika mereka benar-benar bangkrut.

3. Lompat Jauh Gaya Menggantung (Hang Style/Schnepper Style)

Ada beberapa teknik yang perlu dipertimbangkan ketika melompat dalam gaya ini, seperti:

  • Mulailah dengan kecepatan tertinggi dan dorong papan kickboard dengan baik.
  • Saat berada di udara, usahakan tetap berada di udara selama mungkin dan dalam kondisi seimbang. Tempatkan tangan Anda di atas kepala seolah-olah Anda memegang tali sambil berayun.
  • Ketika Anda mendarat, cobalah mendarat juga, jangan pernah meninggalkan tubuh atau tangan Anda karena ini bisa melukai atlet. Mendaratlah ke depan dengan kaki dan tangan Anda.
Baca Juga :  Contoh Teks Eksplanasi

Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Contoh-Lompat-Jauh

Dalam membuat arena olahraga lompat jauh, olahraga ini memiliki ukuran dan standar sendiri.

1. Lintasan Lari Awalan

Panjang rute digunakan untuk jumper untuk membuat ayunan setidaknya 40 meter dari 1,22 m hingga 1,25 m. kemudian garis putih 5 cm ke kanan dan kiri trek.

2. Papan Tolak

Papan persegi panjang yang terbuat dari kayu atau bahan lain yang cocok, dicat putih. Papan memukul mundur ditanam kurang dari 1 meter dari tepi dekat lokasi pendaratan. Jarak dari bagian paling jauh dari kantor kebangkrutan ditolak setidaknya 10 m.

Ukuran Papan Tolak

  • Panjang = 1,21–1,22 m
  • Tebal = 1,00 dm
  • Lebar = 1,98–2,02 dm

Papan tolak yakni dapat ditanam di tanah dan rata di jalur. Di ujung garis tolak atau tangga ada piring plastik atau bahan lain. Ini membuat tanda bahwa pelompat melompat dari garis lompat.

3. Tempat Pendaratan

Panjang lompatan maksimum adalah 2.175 meter. Bangku diisi dengan pasir lembut dan lembut. dan permukaan juga harus rata ke permukaan garis selam.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Lompat Jauh. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.