Gelombang Elektromagnetik

2 min read

Gelombang Elektromagnetik – Teori elektromagnetik Maxwell yakni telah menyatakan bahwa elektromagnetik terdiri dari medan listrik dan medan magnet. Ini berarti medan listrik dan magnet dapat bervariasi dalam waktu dan ruang.

Tetapi mereka menyebar pada frekuensi yang sama. Gelombang ini tidak membutuhkan media untuk menyebar. Variasi dalam medan listrik dan magnet bisa tegak lurus dan setiap sinar menyebar.

Apa itu Gelombang Elektromagnetik ?

Pengertian Gelombang Elektromagnetik merupakan gelombang yang bisa menyebar meski tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat melalui gelombang dengan beberapa tanda yang dapat diukur, yaitu: gelombang, amplitudo, frekuensi, dan kecepatan.

Ambritude ialah adanya suatu ketinggian gelombang, sedangkan panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak. Frekuensi adalah jumlah gelombang yang memasuki satuan waktu.

Gelombang-Elektromagnetik

Frekuensi tergantung pada kecepatan gelombang naik. Karena kecepatan energi elektromagnetikk adalah konstan (kecepatan cahaya), gelombang dan frekuensi adalah proporsional. Semakin panjang gelombang, semakin rendah frekuensi dan semakin panjang gelombang.

Energi elektromagnetik ditransmisikan atau dilepaskan ke berbagai derajat di seluruh dunia setiap saat. Tingkat energi yang lebih tinggi dalam sumber energi, panjang gelombang energi yang dihasilkan lebih lama dan frekuensi yang lebih banyak. Perbedaan karakteristik dalam panjang gelombang digunakan untuk mengklasifikasikan energi elektromagnetik.

Ciri-Ciri Gelombang Elektromagnetik

Adapun berbagai ciri-ciri dalam gelombang ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Perubahan medan listrik dan magnet terjadi secara bersamaan, sehingga kedua bidang memiliki nilai maksimum dan minimum pada saat yang sama.
  • Arah medan listrik dan magnet tegak lurus satu sama lain dan dua arah rambat gelombang.
  • Karakteristik No. 2 menunjukkan bahwa gelombang adalah gelombang transversal.
  • Seperti gelombang umum, gelombang mengalami refleksi, refraksi, interferensi, dan difusi. Ia juga mengalami polarisasi karena mengandung gelombang transversal.
  • Perambatan lambat gelombang hanya tergantung pada sifat listrik dan magnetik media maju.
Baca Juga :  Gerak Harmonik Sederhana

Sifat Gelombang Elektromagnetik

Bentuk gelombang ini umumnya mirip dengan gelombang transversal, tetapi untuk gelombang ini, biaya energi listrik dan magnetik dalam medan listrik (E) adalah tegak lurus terhadap medan magnet (B) di (E) dan (B) menuju gelombang seperti pada gambar di bawah ini.

Bentuk gelombang yang menanggung biaya energi elektromagnetik tanpa media propagasi. Namun, dapat disimpulkan bahwa jenis gelombang elektromagnetik adalah:

  • Tidak diperlukan media perayapan
  • Berisi gelombang transversal dan memiliki sifat yang mirip dengan gelombang transversal
  • Itu tidak membawa massa, tetapi itu membawa energi
  • Energi dibawa oleh frekuensi gelombang
  • Medan listrik (E) tegak lurus terhadap medan magnet (B) dan ke fase
  • Memiliki momentum
  • Ini dibagi menjadi beberapa jenis dan juga tergantung pada frekuensi (atau panjang gelombang).

Macam-Macam Gelombang Elektromagnetik

Terdapat 3 macam-macam dalam gelombang tersebut, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Gelombang Radio

Gelombang radio ialah sebuah bentuk radiasi elektromagnetik dan muncul ketika benda-benda listrik yang diisi oleh osilator (gelombang pembawa) diubah menjadi frekuensi audio (frekuensi superimposed) dengan frekuensi frekuensi tinggi (HF) dalam spektrum dan radiasi elektromagnetik bergerak dengan getaran. listrik atau magnet.

b. Sinar Inframerah (Infra Red)

Panjang gelombang panjang gelombang dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari panjang gelombang radio. Nama (dari bahasa Latin di bawah ini, “di bawah”), warna merah yang muncul dengan gelombang terpanjang.

Radiasi inframerah mempunyai suatu beberapa “urutan” dan panjang gelombang antara 700 nm dan 1 mm. Inframerah secara tidak sengaja ditemukan oleh Sir William Herschell, seorang astronom kerajaan Inggris, ketika ia meneliti bahan filter optik yang dapat mengurangi kecerahan gambar matahari di teleskop di tata surya.

Baca Juga :  Destilasi Uap Air

c. Gelombang Mikro (Micro Wave)

Gelombang mikroba (gelombang mikro) adalah gelombang dengan frekuensi tinggi (3 × 109 Hz), frekuensi super (3 × 109 Hz). Ketika microwave diserap oleh objek, adanya sebuah efek pemanasan pada objek tercermin.

Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, panaskan dan masak sebentar. Prosedur ini digunakan dalam microwave. Gelombang mikro juga digunakan pada radar. Radar digunakan untuk menemukan dan menentukan jejak suatu objek menggunakan microwave dengan frekuensi kurang lebih 1010 Hz.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Gelombang Elektromagnetik. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Lensa Cembung

Evitasari
2 min read

Sinar Radioaktif

Evitasari
2 min read

Siklus Carnot

Evitasari
1 min read