Bagian-Bagian Mata

3 min read

Bagian-Bagian Mata – Mata manusia bekerja seperti sensor cahaya. Cahaya yang bersesuaian dengan objek dipantulkan dan memasuki mata dan kemudian ditransmisikan melalui bagian lain dari mata sehingga bayangan dapat dilihat oleh mata.

Kornea merupakan sebuah jaringan transparan berbentuk kubah yang membentuk permukaan depan atau luar mata. Kornea bertindak sebagai jendela dan sebagai pintu bagi cahaya untuk mata Anda.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Bagian-Bagian Mata. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Mata ?

Pengertian Mata adalah salah satu dari lima organ perasa penting. Fungsi utama mata bisa dilihat. Pemandangan matanya bisa membuat teman-teman idschool-nya melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dengan baik. Bagian mata apa yang Anda lihat?

Halaman ini memeriksa bagian mata mana dan fungsi mana. Tes materi juga termasuk obat tetes mata, penyakit mata dan metode perawatan mata. Ngomong-ngomong, periksa dengan mata Sobai Iidschool, masih bisakah kamu melihat jaraknya? Atau bisakah Anda melihatnya dengan tepat?

Bagian-Bagian-Mata

Dalam keadaan normal, mata dapat dengan jelas melihat objek dari dekat atau menjauh. Sayangnya, aktivitas buruk untuk kehidupan sehari-hari, seperti menonton televisi jarak dekat, membaca di ruangan kurang cahaya, atau hal-hal buruk lainnya yang memengaruhi kemampuan mata untuk melihat dengan jelas tanpa bantuan. Orang dengan gangguan mata harus menggunakan alat yang terlihat jelas.

Cara Kerja Mata

Mata manusia bekerja seperti sensor cahaya. Cahaya yang bersesuaian dengan objek dipantulkan dan memasuki mata dan kemudian ditransmisikan melalui bagian lain dari mata sehingga bayangan dapat dilihat oleh mata. Orang dengan mata normal mendekati antara 15 cm – 25 cm dan menunjuk ke yang tak terbatas.

Baca Juga :  Metamorfosis Lalat

Objek terlihat jelas ketika mata objek berada di ruang kuning. Bayangan yang tidak pas di area kuning tampak gelap atau tidak fokus. Pantulan benda yang jatuh di depan benda kuning tidak memungkinkan kita melihat sesuatu dengan jarak yang jelas. Bayangan objek di belakang kuning menjadi salah satu objek.

Proses pertama mata dimulai dengan pantulan cahaya dari objek penggerak mata di kornea. Cahaya yang diterima oleh mata kemudian diproses oleh bagian mata sesuai dengan perannya. Informasi kemudian dikirim ke otak sehingga benda-benda dapat ditampilkan.

Secara umum, berikut ini adalah urutan mata:

  • Cahaya yang telah dipantulkan dengan objek diserap oleh mata, menembus kornea dan ditransmisikan ke pupil untuk mengatur intensitas cahaya.
  • Cahaya ditransmisikan melalui lensa mata.
  • Kekuatan akomodasi dengan rambut pendek membuat cahaya di ruang kuning untuk berjaga-jaga.
  • Titik kuning menerima cahaya melalui sumsum tulang belakang dan sel punca dan kemudian mengirimkannya ke otak.
  • Informasi diproses terhadap otak dan kita bisa tahu apa yang kita lihat.

Bagian-Bagian Mata

Contoh-Bagian-Mata

Adapun berbagai bagian dalam mata ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Kornea

Kornea merupakan sebuah jaringan transparan berbentuk kubah yang membentuk permukaan depan atau luar mata. Kornea bertindak sebagai jendela dan sebagai pintu bagi cahaya untuk mata Anda.

Berkat suatu kornea, mata Anda bisa mengatur cahaya sehingga mereka dapat melihat kata-kata dan gambar dengan jelas. Kornea memberikan kinerja fokus pada 65-75 persen.

Anda juga harus berhati-hati untuk menjaga kesehatan kornea Anda. Ada banyak ujung saraf di kornea yang membuatnya yakni begiu sangat sensitif.

2. Sklera

Sklera adalah bagian mata yang membentuk membran putih keras dengan jaringan berserat yang menutupi seluruh bola mata (kecuali). Di dalamnya ada otot yang dimasukkan untuk menggerakkan mata yang menempel pada sklera.

Baca Juga :  Kingdom Plantae

3. Bilik Mata Depan (Anterior Chamber)

Area mata depan adalah tanjung persis seperti bagian belakang kornea di depan lensa (lihat gambar pemahaman Anda di atas). Kartu ini, juga dikenal sebagai ruang anterior, berisi humor air yang membantu membawa nutrisi ke jaringan mata.

Humor yakni juga bertindak sebagai penyeimbang terhadap tekanan di mata. Kesehatan mata juga memengaruhi proses dan aliran cairan di lobus frontal. Jika ada kelainan, itu dapat menyebabkan masalah mata seperti glaukoma.

4. Iris Pupil

Pupil dan iris yakni telah terkait erat. Iris adalah membran annular yang menempati ruang yang lebih kecil, lebih gelap di tengah. Sekarang lingkaran kecil di tengah disebut siswa. Pupil adalah otot di area mata yang dapat ditutup dan dibuka atau menyusut dan membesar.

Fungsi iris adalah untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata dan menyesuaikannya dengan lubang pupil. Saat diterangi dengan cahaya terang, celah menutup (atau menyempit) dan membuka pupil yang lebih kecil untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk ke mata Anda.

Selain itu, iris menentukan warna mata Anda. Orang dengan mata cokelat memiliki pigmen hidung dan orang yang menderita atau yang secara ajaib tertinggal dengan cahaya biru.

5. Koroid dan Konjungtiva (Conjunctiva)

Choroids adalah bagian dari mata dengan selaput coklat gelap, di mana ada beberapa pembuluh darah. Posisi berada di antara sklera dan retina. Choroids ini memberikan retina dan semua struktur lain dalam anatomi mata dengan darah dan nutrisi. Konjungtiva adalah lapisan tipis jaringan yang menutupi seluruh bagian depan mata kecuali kornea.

6. Lensa

Lensa merupakan sebuah bagian mata dalam bentuk jaringan transparan dan lilin terletak tepat di belakang iris dan pupil setelah kornea (lihat gambar dari pengertian Anda di atas).

Baca Juga :  Tumbuhan Merambat

Fungsi lensa adalah untuk memfokuskan cahaya dan gambar pada retina Anda. Lensa ini menawarkan kinerja fokus 25 hingga 35 persen. Struktur pegas dengan tekukan dan tekuk.

Maka bentuknya bisa bengkok dan fokus pada benda-benda di sekitarnya. Misalnya, ketika mencari orang yang sedang mendekati Anda atau dari kejauhan.

Seiring bertambahnya usia, bagian penting dari anatomi mata kita adalah hilangnya fleksibilitas dan kemampuan untuk mengambil objek yang terfokus. Ini biasanya disebut sebagai presbiopia atau mata tua, gangguan visual yang dialami banyak orang tua.

7. Retina dan Saraf Optik

Retina adalah jaringan yang peka terhadap cahaya. Retina ini menggarisbawahi permukaan bagian dalam mata. Sel-sel di retina dapat mengubah cahaya yang datang menjadi impuls listrik.

Impuls listrik ini diangkut dari saraf optik (yang sangat mirip dengan kabel Anda) ke sebuah otak, yang akhirnya diterjemahkan sebagai gambar atau objek untuk mata.

8. Badan Vitreous

Berbeda dengan humor air di depan mata, humor vitreous di latar belakang. Vitreous adalah zat seperti jeli yang memenuhi mata. Seiring waktu, tubuh vitreous menjadi lebih tipis dan dapat dihilangkan dari bagian belakang mata.

Jika mata Anda keruh seperti lampu mengambang atau berkedip, lihat langsung ke mata. Karena vitreous yang terpisah dapat menyebabkan lubang (suatu kondisi yang disebut lubang makula) berkembang di retina.

9. Makula

Macula merupakan sebuah area sensitif di tengah retina yang memberikan pandangan sentral. Adanya suatu fovea di makula. Fovea terletak di tengah makula dan berfungsi untuk memberikan mata Anda detail paling jelas.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Bagian-Bagian Mata. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.